4/22/2008

Tri Mumpuni the wonderwoman

Berawal dari sebuah tayangan televisi, kalo tidak salah Trans TV yang meliput tentang perjuangan, aktivitas, pemikiran atau apalah namanya dari seorang wanita yang bernama Ibu Tri Mumpuni. Hmm, ada kesan yang saya harus hormati kepada orang ini sehingga saya rasa harus ada nama 'Ibu' sebelum namanya. kalopun selanjutnya tidak pake, semoga tidak mengurangi rasa hormat saya terhadap beliau. dan saya rasa beliau bukan tipe orang yang ingin disanjung sanjung dan di beri penghormatan.
oke, lets check this out. ibu yang satu ini, punya agenda harian yang saya pikir sangat padat untuk menangani banyak proyek yang sedang dikerjakan. beliau adalah penggiat lingkungan, ekonomi yang dengan pemikiran pemikiran nya telah berhasil membantu banyak masyarakat di banyak tempat. "Listrik !!" bukan sesuatu yang aneh bagi kita yang sudah sejak lama menikmati. tetapi pengalaman penulis, pernah mengalamai yang namanya hidup tanpa listrik ketika masih kecil. he.... he..... lanjuuut, ada apa dengan listrik??. yup, beliau adalah orang yang beraktivitas di LSM yang salah satu kegiatanya adalah membangkitkan listrik dengan tenaga air di beberapa tempat terpencil di Indonesia. hanya setengah jam acara TV tadi ditayangkan tetapi, saya bisa merasakan begitu hebatnya usaha yang dilakukan beliau dengan kegiatannya tersebut.
berawal dari pembangkit listrik hingga menghidupkan geliat ekonomi di sebuah kawasan terpencil. subhanallah, ada berapa step yang harus dilalui ya???!!. coba deh kita bayangin, dari pohon yang menyimpan air, kemudian air mengalir melalui selokan selokan atau sungai, then generator dibangun sehingga menghasilkan listrik. listrik disetor ke PLN, warga melalui koperasi mendapat kompensasi dari PLN sehingga dana yang ada dapat dimanfaatkan untuk membangun tempat tersebut. huh..... capek deh.
semoga judul saya "tri mumpuni the wonderwoman" tidak berlebihan dan mendekati tepat dengan kondisi yang ada. yang pasti saya sampaikan disini adalah banyak hal yang tidak bisa terungkap dari tayangan tersebut (saking terinspirasinya) sehingga tulisan singkat ini tidak bisa menggambarkan the real tri mumpuni dengan aktivitas berikut pemikirannya. maju terus bu Tri !!!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

check this out !!!